Tugas
kali ini adalah tugas yang paling membuat saya tegang tapi tetap santai
mengerjakannya. Mengapa tidak ? Tugas ini adalah pengganti MID TEST RPL
(REKAYASA PERANGKAT LUNAK) namun dalam bentuk game. Really excited to play it !
Nah,
sebelum memulai berbagi tips dan trik menyelesaikan game ini, saya akan
menjelaskan terlebih dahulu apa-apa saja aplikasi yang perlu di download.
Pertama,
jika belum memiliki game tersebut, dapat di download di link berikut ini :
atau juga
pada link ini :
selanjutnya,
pada beberapa device yang belum terinstall JRE (Java Runtime Environment) harus
mendownloadnya terlebih dahulu agar dapat menjalankan game SIMSE ini. Nah,
untuk situs downloadnya, tidak perlu pusing lagi, setelah selesai mendownload
game SIMSE dari situs diatas, cukup run file .exe dengan klik 2x
icon.Selanjutnya akan dilakukan verifikasi terhadap versi JRE, jika belum
memiliki JRE atau versi JRE belum uptodate, maka akan dilakukan downloading
data secara otomatis.
Nah, setelah
memiliki semua aplikasi tersebut, maka teman-teman sekalian sudah siap bermain
game SIMSE ini.
Sebenarnya,
pada dasarnya game ini cukup menarik, seru dan menegangkan. Menariknya karena
penasaran ingin terus mencoba untuk mendapat skor 100. Serunya karena game ini
juga melatih konsentrasi dan daya ingat untuk pengembangan software dengan
berbagai macam model yang berbeda tentunya. Menegangkanya kenapa ? Karena tidak
ada tombol “UNDO” di game ini. Jadi always be carefull. Sekali salah menekan
tombol maka biasanya adalah sebuah kesalahan yang fatal dan mesti reset game
dari awal T.T
Ada beberapa
macam model game software engineering yang dapat dimainkan disini, namun pada
pembahasan kali ini, saya akan berbagi tips dan trik, termasuk teknik, strategi
dan metode penyelesaian game rapid prototyping dengan hasil yang cukup baik :)
Nah, untuk
waterfall model ini, saya berhasil mendapatkan nilai 98 :) #thanksGOD
Saya akan
berbagi step by step langkah menyelesaikan rapid prototyping game ini
dengan mudah :
1.
Run game dengan klik 2x icon SimSERapidPrototypingGame-V-9.exe
2.
Nah, mulailah mengenal employees yang akan digunakan sepanjang game berjalan.
Caranya :
Klik icon EMPLOYEES di atas sebelah kiri, akan muncul kotak di sebelah kanan,
klik ALL.
Dari hal di
atas, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam mengerjakan rapid prototyping, tidak ada pembagian kemampuan dan perbedaan gaji
antar employee, sehingga dalam setiap
proses dalam rapid prototyping, semua
employee turut mengerjakan proses
tersebut dengan mengklik sembarang employee
> pilih pekerjaan yang ingin dikerjakan dan klik check all> ok.
3.
Pertama,
kita mulai dari mengklik icon ARTIFACTS di atas sebelah kiri, akan muncul kotak
di sebelah kanan.
Kotak inilah
yang menjadi panduan dalam melakukan pembuatan software, yang dimulai dari :
-
Prototype
-
Requirement
-
Design
-
Code
Perlu
diingat bahwa dalam prototyping model
, pengembangan system dilakukan dengan mencari tau sebanyak mungkin requirement dari pelanggan dengan
batasan waktu tertentu.
4.
Selanjutnya, klik PROJECTS, 2 kolom di bawah
ARTIFACTS, akan muncul lagi kotak di sebelah kanan.
Nanti ketika
menyelesaikan game, akan muncul parameter rahasia yang menjadi ukuran nilai
akhir :
-
Persen selesainya software
-
Persen ketepatan waktu : dalam hal ini 825
-
Persen banyaknya requirement yang berhasil didapatkan
-
Persen Complete
5.
Nah, setelah memahami seluruh komponen dalam Rapid
Prototyping Game, saatnya mulai dalam proses pertama Rapid Prototyping , PROTOTYPE.
Sebelum
memilih karyawan mana yang akan ditunjuk untuk mengerjakan tugas tertentu,
pertama-tama perlu memilih bahasa, dengan cara klik kanan pada sembarang employee :
Alasan
saya memilih VB (Visual Basic) dalam
mengerjakan prototyping language adalah karena bahasa VB akan lebih cepat dalam
mengerjakan prototyping jika dibandingkan dengan bahasa lainnya (C++ maupun
Java)
Alasan
saya memilih bahasa C++ dalam bahasa implementasi adalah karena bahasa C++
paling kompetibel dalam mengerjakan pengembangan, sehingga pengerjaan dalam
proses coding bisa ditekan jumlah errornya.
VB : jika tetap menggunakan bahasa VB
kembali, memang lebih cepat lagi dalam mengerjakan impelementation karena tidak perlu melakukan translate bahasa
pemograman, tetapi jumlah error dalam
coding akan sangat besar dan langsung
berpengaruh terhadap score akhir.
Java : sebenarnya jika menggunakan Java
kecepatan pengerjaannya sama dengan C++, tetapi saya lebih senang mengerjakan
dengan C++ karena pelanggan tidak terlalu banyak perintahnya.
6. Mengerjakan Outline Requirement
Cara menyuruh mereka untuk outline
requirement adalah dengan klik kanan pada sembarang employees > pilih outline
requirement with customer > centang semua nama employee.
Setelah itu,
klik NEXT EVENT yang terletak di pojok kanan bawah, maka akan dilakukan proses
seperti kemauan kita.
Selain itu, kita juga tidak boleh lupa memperhatikan waktu tics
yang berjalan selama kita melakukan proses pembangunan software. Untuk
mendapatkan skor yang baik pada Prototyping Game, maka waktu itu maksimal
sampai 825 tics saja.
7. Selanjutnya,
pekerjaan outline requirement akan
selesai.
Selanjutnya,
kita bisa menyuruh employee untuk
melakukan prototyping.
Cara menyuruh mereka untuk prototyping
adalah dengan klik kanan pada sembarang employees
> pilih develop prototype >
centang semua nama employee.
Klik next event.
Akan ada juga event yang terjadi :
o
Pelanggan ingin melihat hasil prototype kita. Abaikan saja dulu ini
dan tetap lanjut pada proses prototype
sampai mencapai angka 100. Klik next event.
8. Selanjutnya,
proses prototyping tahap 1 sudah
selsai, maka sudah saatnya melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu evaluate
Pada tahap
ini, kita akan memperlihatkan proses prototyping kita kepada pelanggan.
Cara menyuruh mereka untuk evaluate
adalah dengan klik kanan pada sembarang employees
> pilih have customer evaluate
prototype > centang semua nama employee
> ok> next event
9.
Setelah proses evaluate selesai, cek kembali ARTIFACTS > PROTOTYPE
Seiring dengan dilakukannya evaluasi
pelanggan, maka persen prototype akan menurun.
Nah,
untuk itu, lakukan lagi prototype sampai 100% dan evaluate sekali lagi.
Perhatikan
tics timenya.
Sekarang
kita sudah berada pada tics time 328
Untuk
mencapai hasil yang maksimal, perlu dilakukan sekali lagi develop, namun bukan
dengan mengklik next event, tetapi pilih advance clock dan angkanya diset
menjadi 10.
Perbedaan
next event dan advance clock
NEXT
EVENT : akan berhenti saat
event selesai, jadi tidak bisa dikontrol ingin dihentikan pada tics kapan.
ADVANCE
CLOCK : akan berhenti sesuai
dengan tics yang dimasukkan di kolom di bawahnya. Jadi misalnya sekarang 328
dan di masukkan angka 10 di kolom di bawahnya, maka akan berhenti pada tics
338.
Selanjutnya
klik advance clock.
Setelah
itu, stop develop prototype dan lakukan
lagi evaluate dengan customer, namun kali ini gunakan tetap next event. Tujuan
dilakukannya evaluate kembali dengan customer adalah agar jumlah requirement yang ditemukan bisa
bertambah.
Klik
next event.
Cek kembali ARTIFACTS > PROTOTYPE hingga
mencapai skor : 100/86
10.
Setelah selesai melakukan prototype, lanjutkan dengan mengerjakan requirement.
Pada tahap
ini, kita akan mengerjakan seluruh requirement
yang berhasil kita dapatkan dari prototyping
Cara
menyuruh mereka untuk mengerjakan requirement
adalah dengan klik kanan pada sembarang employees
> pilih create requirement
spesification > centang semua nama employee
> ok> next event
Cek kembali ARTIFACTS > REQUIREMENT
Pastikan
tidak ada error dan requirement yang berhasil didapat 493 serta persen selesai
100%
11.
Setelah selesai melakukan requirement, lanjutkan dengan
mengerjakan design.
Cara
menyuruh mereka untuk mengerjakan design adalah
dengan klik kanan pada sembarang employees
> pilih design system > centang
semua nama employee > ok> next
event
Cek kembali ARTIFACTS > DESIGN
Pastikan
tidak ada error dan persen selesai 100%
12.
Setelah selesai melakukan design, lanjutkan dengan mengerjakan code.
Cara
menyuruh mereka untuk mengerjakan code adalah
dengan klik kanan pada sembarang employees
> pilih implement system >
centang semua nama employee >
ok> next event
Cek kembali ARTIFACTS > CODE
Pastikan
persen selesai 100%
13.
Setelah itu, klik PROJECTS untuk melihat
progress
Selanjutnya,
klik sembarang employee dan pilih DELIVER
PRODUCTS TO CUSTOMER
Are
you sure you want to end game ? pilih YES
Dan
JRENGG JRENGG
Hasilnya
adalah 98 XD
#YEY
#HORRAY #KEPO
Berikut ini adalah tampilan screen shoot projects saya, dimana product correctness score adalah 98 dan waktu yang saya gunakan adalah 821 tics :)
Hahaha
Sekian share
dari saya hari ini
Jika ada
yang tidak dimengerti atau ingin di tanyakan, silahkan langsung komen di bawah
Semoga
sharing saya hari ini bermanfaat untuk kita semua.
Thanks :)
No comments :
Post a Comment